HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA (HIMMAPTIKA) MENGADAKAN KEGIATAN OLIMPIADE MATEMATIKA NASIONAL TINGKAT SMA/SMK/MA TAHUN 2024

Selasa, 21 Mei 2024 dan Rabu, 22 Mei 2024 – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMMAPTIKA) mengadakan Olimpiade Matematika Nasional 2024 yang diselenggarakan secara daring.Pada tahun ini, kami mengusung tema yang menarik yaitu “Show Ur Mathematics Skill and Break The Limit Though Competition”

Olimpiade yang dibuka pendaftarannya sejak bulan Februari ini diadakan selama 2 hari yaitu pada hari Selasa, 21 Mei 2024 dan Rabu, 22 Mei 2024. Kami berhasil merangkul lebih dari 220 siswa/i SMA/SMK/MA dari berbagai daerah di Indonesia.

Olimpiade ini merupakan salah satu program rutin Mahasiswa Pendidikan Matematika yang dicetuskan sebagai ajang memperkenalkan Universitas Veteran Bangun Nusantara khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika kepada masyarakat serta meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas pengetahuan siswa SMA/SMK/MA khususnya dalam bidang matematika.

Acara Olimpiade Matematika (DETIK) 2024 ini dihadiri oleh peserta, panitia, dosen, tamu undangan, dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.  Acara ini diawali sambutan dari Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Ibu Andhika Ayu Wulandari, S.Si, M.Pd. menyampaikan terimakasih atas semangat dan antusias adik-adik dalam mengikuti Olimpiade Matematika yang diselenggarakan setiap tahunnya, beliau lalu menutup sambutannya dengan pantun. Sambutan terakhir yang sekaligus membuka acara Olimpiade Matematika Nasional tahun ini, disampaikan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Bapak Dr. Singgih Subiyantoro, S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa sejatinya kompetisi bukan untuk mencari yang terbaik, tetapi memberi kesempatan kepada semua untuk terus belajar dan menekuni. Seberapa tidak sukanya seseorang dengan matematika, pada akhirnya-pun akan selalu bersinggungan dengan matematika dalam kehidupan.

Acara ini berlangsung meriah dan diikuti dengan antusias semua peserta. Selain itu, banyak voucher doorprize bagi peserta yang mengupload twibbon terbaik dan dapat menjawab quiz dengan benar. Peserta menggunakan dresscode berupa seragam kebanggaan masing-masing sekolah. Adapun pelaksanaan Olimpiade menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom. Setiap peserta wajib menyalakan kamera zoom selama Olimpiade berlangsung. Jika ada peserta yang tidak menyalakan kamera maka akan di beri teguran.

Olimpiade ini terbagi menjadi 2 babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Pada babak penyisihan, peserta mendapatkan waktu sebanyak 90 menit untuk mengerjakan soal olimpiade dan diseleksi sebanyak 35 peserta terbaik untuk mendapatkan kesempatan lolos ke babak final.

Pada babak final, pengawasan semakin ketat dan suasana semakin menegangkan dengan durasi waktu pengerjaan 60 menit. Dari 35 peserta tersebut di atas, akan ditentukan 5 peserta dengan nilai terbaik. Peserta yang berhasil keluar sebagai 5 peserta terbaik akan mendapatkan E-Piagam dan uang pembinaan total jutaan rupiah, meski begitu seluruh peserta tetap mendapatkan E-Sertifikat. Dan juara dari Olimpiade Matematika Nasional Tahun ini adalah :

  1. Juara I = Cedric Gratia Tjia (SMA Kristen Petra 2)
  2. Juara II            = Mochammad Rigan Haryono (SMA Unggulan RUSHD)
  3. Juara III          = Anindya Baskara Wibowo (SMAS Ar Rohman DAU)
  4. Juara IV          = Fauzi Kemal Maulidi (SMA Cahaya Rancamaya)
  5. Juara V            = Reyvi Aryandra Al Firdaus (SMAN 1 Surakarta)

Olimpiade resmi ditutup oleh Ibu Isna Farahsanti, M.Pd selaku dosen prodi Pendidikan Matematika, mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah berpartisipasi mengikuti DETIK 2024 dan memberi ucapan sukses dan selamat kepada para pemenang. Semoga kegiatan ini dijadikan sebagai pengalaman hidup yang berharga dan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi dalam bidang matematika.

Selamat kepada para juara, Alhamdulillah Olimpiade berhasil dilaksanakan dengan lancar sesuai rencana. Dan sampai jumpa kembali di Olimpiade Matematika selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *