Perspektif Baru dari Kuliah Praktisi di Prodi Pendidika Matematika Univet: Penerapan Pembelajaran Berdifferensiasi

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo baru-baru ini menggelar kuliah praktisi yang bertajuk “Perspektif Baru: Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi”. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai metode pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana penerapannya dapat meningkatkan efektivitas pengajaran di bidang matematika.

Kuliah praktisi ini menghadirkan Shidiq Kresno Aji, S.PdGr., seorang praktisi berpengalaman dalam pembelajaran berdiferensiasi dan sudah bersertifikasi. Dalam pemaparannya, praktisi menjelaskan konsep dasar pembelajaran berdiferensiasi, yang bertujuan untuk menyesuaikan materi, strategi, dan lingkungan belajar agar sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa yang beragam.

“Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang sangat penting dalam pendidikan modern. Dengan memahami dan menerapkan strategi ini, para pendidik dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif dan efektif untuk semua siswa,” ujar Shidiq Kresno Aji, S.PdGr.

Acara ini tidak hanya mencakup teori dan konsep, tetapi juga di pertemuan berikutnya akan dilakukan sesi praktis di mana peserta kuliah terlibat dalam diskusi kelompok dan simulasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas matematika. Peserta mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mereka dalam mengimplementasikan pendekatan ini di lingkungan akademis mereka.

Ketua Prodi Pendidikan Matematika Univet, Andhika Ayu Wulandari, S.Si., M.Pd., menyatakan, “Kami percaya bahwa kuliah praktisi ini akan membuka wawasan baru bagi para mahasiswa dan pendidik kami tentang cara-cara inovatif untuk menghadapi tantangan pendidikan saat ini. Pembelajaran berdiferensiasi adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan individu siswa.”

Kuliah ini dihadiri oleh mahasiswa aktif Pendidikan Matematika Univet Bantara yang semuanya antusias dalam menggali lebih dalam tentang bagaimana menerapkan konsep-konsep yang dipelajari dalam praktik pengajaran sehari-hari mereka.

Sebagai penutup, Shidiq Kresno Aji, S.PdGr. menekankan pentingnya kolaborasi dan adaptasi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. “Pendidikan adalah sebuah proses yang dinamis. Dengan terus beradaptasi dan berkolaborasi, kita dapat menciptakan peluang belajar yang lebih baik untuk setiap siswa.”

Kuliah praktisi ini merupakan bagian dari komitmen Pendidikan Matematika Univet untuk terus berinovasi dalam bidang pendidikan dan menyediakan dukungan berkelanjutan kepada para pendidik di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *